Seluruh Anggota DPRD Sintang Ikuti Pelatihan Orientasi Di Pontianak

 

 

Sintang-Orientasi anggota DPRD adalah kegiatan yang bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada anggota DPRD yang baru mengenai tugas, wewenang, dan tanggung jawab mereka. Selain itu, orientasi juga bertujuan untuk membangun sinergi dan kerja sama antara anggota DPRD dengan pemerintah daerah dan masyarakat.

 

Kegiatan orientasi biasanya dilakukan dalam waktu satu bulan setelah anggota DPRD terpilih diambil sumpah. Materi yang disampaikan dalam orientasi mencakup: Sistem dan mekanisme kerja legislatif, Proses legislatif yang berlaku, Mekanisme pengelolaan anggaran, Peraturan perundang-undangan yang menjadi landasan dalam menjalankan tugas.

 

Metode pembelajaran yang digunakan dalam orientasi biasanya berupa ceramah dan diskusi. Peserta yang mengikuti orientasi dengan baik akan diberikan sertifikat.

 

Oleh sebab itu, Seluruh Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) di Hotel Mercure Jalan Ahmad Yani Pontianak diikuti oleh seluruh anggota DPRD Kabupaten Sintang periode 2024-2029, Senin 7 Oktober 2024.

 

Selain itu peserta Orientasi di ikuti 2 kabupaten sekaligus yakni Sintang dan bengkayang ,Kegiatan dilaksanakan tanggal 7 Oktober 2023 hingga 10 Oktober 2024.

 

Haji senen Maryono anggota DPRD yang sudah dua periode dari partai PAN mengatakan kami Seluruh anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah kabupaten Sintang baik yang sudah lama dan yang baru hadir dalam orientasi DPRD kali ini di Pontianak,”terangnya

 

Senen menjelaskan adapun tujuan dari kegiatan Orientasi DPRD di fasilitasi oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia bersama Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat. Orientasi dilaksanakan untuk memberikan pemahaman tentang tugas maupun wewenang anggota legislatif.

 

“Kami sangat antusias mengikuti kegiatan ini karena akan memperdalam pengetahuan tentang tugas pokok dan fungsi kedewanan. Sehingga kita bisa melaksanakan tugas dengan baik untuk menjalankan legislasi, anggaran dan pengawasan,” ujarnya.

 

Senen menambahkan ada beberapa materi yang disampaikan. Diantaranya; Wawasan Kebangsaan Yang Dilandasi Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI, Sistem Pemerintahan Indonesia serta Penguatan dan Penegakan Peraturan Perundang-Undangan. Kegiatan dimulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB.

 

” Kami yang hadir tidak hanya anggota dewan terpilih saja tapi staf beserta sekretaris daerah kabupaten Sintang jiga turut mendampingi Marchues Afen beserta jajarannya.

 

Tak hanya staff saja ketua DPRD kabupaten beserta wakilnya pun turut bersama kami mengikuti kegiatan orientasi di pontianak.

 

Senen berharap setelah bekal dari orientasi ini bisa memantapkan kinerja dewan baru dan dewan lama guna membangun serta membantu pemerintahan kabupaten Sintang.tutupnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *