Vaulinus Lanan Sukses Jadi Anggota DPRD Sintang,Ternyata Pengusaha Jengkol

Sintang- Buah jengkol adalah sejenis tumbuhan yang bisa di konsumsi baik dimasak atau di makan secara mentah.

Buah jengkol dulunya kurang diminati oleh masyarakat Indonesia karena memiliki bau yang sangat menyengat serta membuat nafas yang memakannya jadi tidak sedap.

Namun bicara soal jengkol mungkin yang terlintas di benak kalian adalah makanan berkulit gelap dengan aroma yang sangat menyengat. Beberapa orang bahkan sering menganggap kehadiran jengkol atau yang biasa disebut jering ini, cukup mengganggu. Namun jengkol sekarang manjadi lahan bisnis yang menjanjikan.

Kendati dikenal luas oleh masyarakat Sumatera dan Jawa, pada dasarnya jengkol adalah tanaman asli Asia Tenggara sehingga jengkol juga tumbuh subur di Malaysia, Thailand, Myanmar, Laos, Filipina, hingga Nepal. Namun untuk jengkol asal Indonesia rupanya cukup diminati oleh pasar global dan berpeluang jadi komoditas ekspor menguntungkan.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah kabupaten Sintang vaulinus Lanan dikenal juga pengusaha jengkol di tempatnya serta mampu membentuk kelompok usaha tani jengkol di daerahnya.

” sekarang sudah memasuki musim jengkol, musim jengkol sudah pasti membutuhkan stok jengkol yang banyak untuk kita kirim ke Jakarta Karena kebutuhan di jakarta untuk jengkol sangat besar mampu ratusan ton mereka siap tampung”

Lanan mengajak masyarakat kabupaten Sintang apabila ada lahan yang kosong dan belum di tanami,mari masyarakat Sintang menanam pohon jengkol karena terbukti banyak yang sukses dan berhasil dengan menjadi petani buah jengkol.tutupnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *