Sekda Sintang: Ilmu Sejarah Ada Di Museum

 

Sintang-Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Kartiyus mengunjungi museum. Termasuk mengunjungi Museum Kapuas Raya di Sintang serta mengajak masyarakat kabupaten Sintang agar sering datang ke museum Sintang.

“ ayo masyarakat Sintang ke museum ,Karena dengan mengunjungi museum kita akan mendapatkan banyak ilmu dan pengetahuan tentang budaya serta sejarah . Bahkan sejarah suatu bangsa,” kata Kartiyus saat membuka Pekan Museum Kapuas Raya, 11 Oktober 2024, kemarin.

Kartiyus mengungkapkan, pada waktu lalu dirinya berkunjung ke luar negeri pasti selalu dibawa mengunjungi museum setempat. Museum terbesar yang pernah dikunjunginya ada di negara gajakh putih yakni Thailand.

“Adapun museum kedua terbesar se-Asia Tenggara adalah Serawak Museum di Kuching Malaysia. Bangunannya ada lima lantai, besar sekali. Jadi kalau ke Kuching jangan sekedar berobat, tapi kunjungilah Museum,” imbau Kartiyus.

Dimana untuk kita orang asing masuk ke Museum Serawak biayanya 50 ringgit. Warga lokal Malaysia 30 ringgit. Di museum lainnya juga seperti itu, untuk pengunjung domestik dan luar negeri beda tarifnya,” sambungnya.

Dikatakan Kartiyus, Museum Serawak sangat luar biasa, mereka banyak menggunakan audio visual. Jadi selain peraga, di setiap ruangan mereka punya audio visualnya juga.

“Karena semakin canggih, kita juga merasa betah berlama-lama di museum itu,” jelasnya.

Kemudian, museum di Thailand lebih besar lagi. “Waktu sehari tidak cukup, habis waktu kita untuk berkeliling museum,” bebernya.

Ia mengaku, dirinya juga pernah ke beberapa museum di Cairo, Mesir. Museumnya agak unik karena banyak menampilkan kebudayaan Mesir kuno.

“Kalau di Israel itu museum sejarah Israel. Di Yordania ada museumnya juga. Kemudian di Jerman, Inggris, di manapun kota pasti ada museum. Jadi ketika pergi ke suatu daerah, kunjungilah museum,” imbaunya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *