Anastasia Dorong Pemda Sintang  Petani Mandiri Jadi Program Unggulan Kecamatan Kayan

 

Sintang-salah satu wanita inspiratif juga sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah(DPRD) kabupaten Sintang, Anastasia  mengajak mengatakan Banyak hasil alam seperti pohon karet dan sawit yang sangat berpotensi meningkatkan ekonomi masyarakat kabupaten Sintang.

Dimana beberapa waktu lalu Bupati Sintang banyak melakukan kerja sama yang di bangun bersama pihak perusahaan sawit.

Dimana dari Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Pertanian sudah melakukan sosialiasi dan pembinaan terkait karet dan sawit  di beberapa lokasi,dari hasil sendiri bisa mencukupi kehidupan warga, .

” Dinas terkait harus lebih ekstra memberikan ilmu pengetahuan yang terkait  sawit dan karet agar dari hasil bisa membangkitkan gairah para UMKM muda yang ada di kabupaten Sintang sendiri”.terangnya

selain itu, Pemerintah juga harus siap mendukung para petani sawit dan karet  dalam mengembangkan pertanian sawit dan karet.

Dimana kita ketahui kecamatan Kayan juga sedang bergerak menjadi petani sawit mandiri  dan jalur promosimya lewat Distanbun dan Disperindagkop kabupaten sintang dengan tujuan memperluas kesempatan para UMKM menembuat pangsa pasar sampai ke luar negeri.harap yang biasa disapa Cece anas  ini.

“Bisa saja dengan program petani mandiri mampu menjadi hasil ekonomi yang tinggi bagi masyarakat Sintang sendiri.

Anas  juga menjelaskan untuk mensukseskan program petani karet dan sawit mandiri butuh dukungan pemerintah baik dari bibit dan pupuknya sendiri ,Dan ini merupakan harus menjadi bagian program  upaya Pemerintah melalui dinas terkait guna memelihara dan mengatur dengan teknik tertentu.

Selain itu kehidupan tanaman sawit dan karet  dapat meningkatkan produksi pertanian, pengembangan kesempatan kerja dan peningkatan”.

Anastasia juga berharap kedepanya masyarakat kabupaten Sintang bisa memanfaatkan alam sekitar, dan bisa mengembangkan serta membudi dayakan alam kita karena alam kita kaya hasilnya, serta bisa menjadi ajang memperbaiki ekonomi , ” tetapi terpenting kita harus bisa menjaga kelestarian alam dan hasilnya jangan mau mengambil saja, tetapi harus kita lestarikan dan budi dayakan. tutupnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *