Sekda Harapkan Pasar Tani Berikan Kontribusi Tekan Inflasi

Sintang- pasar tani dianggap sebagai inisiatif strategis untuk mendukung pertanian lokal dan meningkatkan perekonomian daerah.

Sekretaris Daerah kabupaten Sintang Kartiyus menjelaskan melihat pasar tani sebagai sarana untuk mempertemukan petani dengan konsumen, sehingga memudahkan distribusi produk pertanian dan mengurangi harga yang ditetapkan oleh perantara. 18 Oktober 2024

Pasar tani juga dipandang sebagai wadah edukasi bagi petani dalam mengadopsi praktik pertanian yang lebih baik dan berkelanjutan. Dengan adanya pasar ini, diharapkan pendapatan petani meningkat, sekaligus memberikan akses yang lebih baik bagi masyarakat terhadap produk segar dan lokal.

Selain itu, pasar tani berperan dalam menjaga ketahanan pangan dan menstabilkan harga di tengah tantangan inflasi.

Selaku pembina Aspartan tersebut mengatakan ditambah nya dua hari pasar tani ini untuk memenuhi permintaan masyarakat setempat.

“Ya sekarang Aspartan yang berjualan di indoor yang biasanya hanya hari jumat sekarang sudah buka dua hari ya jumat dan sabtu, tujuannya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan sayur mayur dan lauk pauk, ” Tuturnya.

Sayur mayur yang dijual ditempat tersebut merupakan hasil Tani dari beberapa lokasi baik dari Binjai Hulu, Pandan, SKPC dan seterusnya.

Ini sayur, ikan dan lainya masih segar segar semua karena petaninya langsung yang menjualnya, maka murah-murah mereka jual, dibanding dengan harga pasar besar, tiap hari ramai pembeli terkadang untuk stok sampai dua tiga hari disimpan dikulkas aman,’ katanya.

Dengan kegiatan pasar tani di harapkan pasar tani berkontribusi signifikan dalam pengembangan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.tutupnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *