Bupati Sintang: Sanitasi Yang Baik Fondasi Kesehatan optimal. 

Sintang–Bupati Sintang dr.Haji Jarot winarno M.Med.PH mendeklarasikan Desa Sungai Buluh dan Desa Mertijaya di wilayah Kecamatan Tempunak,sebagai desa 3 pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), dilaksanakan di lapangan sepak bola desa sungai buluh ,kecamatan Tempunak pada 18 Oktober 2024

Pada kesempatan ini ,kedua desa tersebut mendeklarasikan sanitasi total berbasis masyarakat sebagai pilar 1 dan 3 yang meliputi stop buang air besar sembarangan ,cuci tangan pakai sabun dan pengolahan air minum dan makanan rumah tangga.

Turut hadir pada kegiatan,Asisten II bidang perekonomian dan pembangunan sekda Sintang,Drs.Subendi M.Si ,Kepala Dinas kesehatan kabupaten Sintang,Edi Harmaini,SE,M.Si ,camat Tempunak ,Maryono serta tamu undangan lainya.

Bupati Sintang Jarot Winarno mengatakan Berikut adalah contoh sambutan Bupati Sintang terkait sanitasi total berbasis Masyarakat.

” sebuah inisiatif penting yang berdampak langsung pada kesehatan dan kesejahteraan masyarakat kita, yaitu Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM)”.

Ia katakan Sanitasi yang baik adalah fondasi untuk kesehatan yang optimal. Kita semua sepakat bahwa lingkungan yang bersih dan sehat akan mengurangi penyebaran penyakit, meningkatkan kualitas hidup, dan mendorong produktivitas masyarakat.

Namun, mencapai tujuan ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah, melainkan juga memerlukan partisipasi aktif dari seluruh elemen masyarakat.

Dikatakannya lagi,Jarot menerangkan dengan STBM, kita mengajak masyarakat untuk terlibat langsung dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pemeliharaan sanitasi di lingkungan masing-masing. Melalui pendekatan ini, kita berharap akan terbangun kesadaran kolektif dan tanggung jawab bersama terhadap kesehatan lingkungan.

Bupati Sintang mengajak seluruh lapisan masyarakat, mulai dari tokoh masyarakat, pemuda, hingga ibu-ibu rumah tangga, untuk bersama-sama mendukung program ini. Mari kita edukasi diri kita dan lingkungan sekitar mengenai pentingnya sanitasi yang baik, seperti membangun toilet yang sehat, pengelolaan sampah yang benar, dan menjaga kebersihan lingkungan.

Jarot mengharapkan dengan kerja sama yang baik, saya yakin kita bisa mewujudkan Sintang sebagai daerah yang bersih, sehat, dan berdaya saing.tutupnya

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *