Asisten II Setda:Ada. 5000 Pelaku UMKM Tahun 2024 Di Tahun 2024 Makin Bertambah

Sintang-Dunia UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) memiliki peran penting dalam perekonomian. UMKM menyumbang signifikan terhadap PDB dan menciptakan banyak lapangan kerja. Sektor ini sering kali menjadi motor penggerak inovasi dan kewirausahaan, memberikan peluang bagi masyarakat untuk mengembangkan usaha mereka.

Selain itu ,Di Indonesia, UMKM dihadapi berbagai tantangan, seperti akses permodalan, pemasaran, dan teknologi. Oleh karena itu, pelatihan dan dukungan dari pemerintah serta lembaga lain sangat penting untuk meningkatkan kapasitas dan daya saing UMKM.

Kegiatan seperti pelatihan, pendampingan, dan pameran produk dapat membantu UMKM berkembang dan beradaptasi dengan kebutuhan pasar yang terus berubah. Dengan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, pelaku UMKM dapat meningkatkan kualitas produk dan layanan, serta memperluas jaringan bisnis.

Asisten II Setda Subendi menerangkan kondisi UMKM di kabupaten sampai saat ini masih dilakukan penataan terhadap UMKM kita , baik aspek tempat, kelayakan mereka usaha.Dan kita selalu melakukan koordinasi dengan dinas terkait untuk terus menata kedepannya.23 Oktober 2024

Lanjut dia, Subendi mengatakan UMKM di kabupaten Sintang terus tumbuh ,tetapi menurut data yang kami peroleh di rasakan masih belum akurat betul,tetapi sudah ada 5000 lebih di tahun 2023 lalu ,mungkin akan terus berkembang seperti kita harapkan.terangnya

Subendi berharap Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Dinas Pariwisata dapat berperan aktif dalam mempromosikan produk UMKM.

Dengan dukungan promosi yang efektif, produk UMKM dapat dikenal lebih luas, menarik minat konsumen, dan meningkatkan penjualan.

Selain itu, kerjasama ini diharapkan dapat memperkuat posisi UMKM dalam pasar lokal dan regional, serta mendukung pengembangan sektor pariwisata yang berkelanjutan.tutupnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *